Kamis, Februari 01, 2007

Akhir dari ccMail

Tepat satu Februari 2007 ini, ccMail yang merupakan sarana komunikasi standar di tempat saya bekerja sekarang, resmi berakhir. Berkat usaha gigih rekan-rekan di tim IT, terutama Admin yang selalu bisa menyediakan fitur yang diminta. Jadilah postfix sebagai mail server (MTA) + dovecot + squirrelmail diatas Fedora Core 5 32-bit.

Disahkannya penggantian ccMail dengan postfix oleh GM bukanlah hasil pekerjaan sehari atau seminggu. Usaha ini sudah dimulai sedari dirilisnya Fedora Directory Service ((FDS) 1.02 sekitar bulan maret 2006, yang berlanjut dengan diimplementasikannya FDS menggantikan NT Domain sekitar bulan agustus 2006, dan konsolidasi semua server yang
rampung di bulan Desember 2006. Ditambah lagi dengan terbukanya hubungan dengan IT di HO, yang dengan rela memberikan akses langsung internal ke mail server mereka. Testing dilakukan sejak desember 2006 sampai akhir Januari 2007.

Alhamdulillah semua usaha ini berbuah manis, Manajemen mensahkan digantinya ccMail, sebuah produk diskontinyu keluaran Lotus/IBM tahun 1997-an.

Fedora Core, Fedora Directory Service, Postfix.... berikutnya?
Masih banyak lagi item yang lagi dalam test... yang penting sabar dan teliti, InsyaAllah ada jalannya.

Cikarang.

Tidak ada komentar: