Sabtu, Oktober 13, 2007

Business Intelligence - Topik Yang Kian Berkembang

Pada Juli 2003, Hyperion, salah satu pemain utama di bidang Business Intelligence (BI) membeli Brio Software, sebuah perusahaan penghasil software BI yang mudah digunakan end-user dengan kemampuan reporting yang baik, seharga lebih kurang 142 juta USD.

Kemudian pada 1 Maret 2007 Oracle mengumumkan Hyperion seharga lebih kurang 3.3 milyar USD. Langkah ini merupakan kelanjutan dari beberapa pembelian  yang agresif dari Oracle dengan membeli PeopleSoft di tahun 2005 seharga 10.3 milyar USD, kemudian membeli Siebel System di tahun 2006 seharga 5.85 milyar USD.

Pada Oktober 2007 ini, SAP mengumumkan membeli Business Objects seharga 6.78 milyar USD.

Pada Oktober ini juga Pentaho merilis Pentaho Open BI Suite versi 1.6 yang sudah dilengkapi fitur metadata layer dan thin-client reporting interface yang memungkinkan user non-teknis membuat ad-hoc query dan reports.

Ad Hoc query adalah kemampuan dasar BI yang sudah lama ada di produk-produk BI matang seperti Business Objects dan Cognos.
Metadata layer memungkinkan staf IT untuk mendefinisikan suatu suatu istilah bisnis untuk dipakai-ulang seperti "pelanggan" atau "wilayah"  yang memungkinkan end-users membuat query mereka sendiri tanpa perlu tahu mekanisme queri SQL database.

Layer metadata Pentaho dibuat berdasarkan Common Warehouse Metamodel (CWM) sebuah spesifikasi dari Object Management Group (OMG).

Dari maraknya akuisisi terlihat bahwa pasar Business Intelligence terus berkembang dengan nilai yang menggiurkan. Rata-rata produk software/service BI merupakan produk mahal yang lazimnya dipakai setelah suatu perusahaan sudah mempunyai sistem ERP yang stabil.

BI suite Pentaho mulai seharga $12000 per modul untuk layanan langganan 4-cpu, termasuk dukungan teknis dan layanan lainnya. Modul BI ini terdiri dari Reporting (termasuk metadata dan ad-hoc querying), Analysis, Data Integration, Dashboard, dan Data Mining.

Di posisi ini hanya Pentaho yang merupakan open source BI dengan saingan terdekat adalah JasperSoft. Bedanya, produk Pentaho dapat di unduh secara bebas karena yang dijual adalah support, konsultasi, dan layanan lainnya. Sedangkan JasperSoft memasarkan produk basic-nya sebagai open source tetapi menjual secara komersil produk lanjutannya.




Tidak ada komentar: