Minggu, Februari 10, 2008

Dari Kubuntu ke Ubuntu (7.10)

Tadi malam, malam minggu 9 Februari 2008, priska di instal ulang dan di ganti OSnya dari Kubuntu 7.10 menjadi Ubuntu 7.10.

Instalasi sedikit bermasalah saat pembacaan data dari CD karena katanya ada beberapa sektor yang tidak bisa dibaca, Alhamdulillah bisa diatasi karena masalah seperti ini sudah sering terjadi kalau instalasi OS jadi sudah tahu kira-kira sumber masalahnya. Priska mempunyai dua pemutar CD, Sony CDRW dan Asus DVD, keduanya dipasang di satu kabel IDE-ATA. Cukup dengan mematikan salah satu pemutar CD ini dengan mencabut kabel daya dan kabel datanya, CD Ubuntu 7.10 bisa di baca dengan baik.

Instalasi tidak lama karena medianya hanya CD. Saat instalasi dengan live-CD ini, koneksi internet sudah terhubung (modem kabel motorola dikenali otomatis), sehingga bisa menjelajah internet daripada bengong melihat proses instalasi.

Setelah instalasi selesai, kurang lebih 20 menit, dilanjutkan dengan memasang aplikasi tambahan karena dari CD Ubuntu yang ada hanya OpenOffice 2.3, Firefox 2.x, Gimp, dan pidgin. Tidak memadai, sehingga perlu ditambah beberapa aplikasi lagi. Lagipula Gimp yang ada adalah versi rc (release candidate).

Setelah memasang aplikasi seperti Thunderbird, apache, php, mysql, firebird, postgre, dan toolsnya, ternyata ada banyak update tersedia bahkan untuk kernelnya. Okelah, akhirnya di jalankan aplikasi update yang ukurannya sampai 150an MB, makan waktu sampai 2 jam karena beberapa aplikasi tidak ada di repo server id, tapi di repo security yang mungkin lokasinya di luar negeri sehingga unduhnya agak lama.

teguh@quantan:/$ uname -a
Linux quantan 2.6.22-14-generic #1 SMP Fri Feb 1 04:59:50 UTC 2008 i686 GNU/Linux

Update total di Ubuntu ini Alhamdulillah sukses. Sebelumnya update seperti itu di Kubuntu malah mengakibatkan keanehan dan aplikasi yang crash saat dijalankan sehingga harus diobati dengan instal ulang Kubuntu.

Tidak ada komentar: