Senin, Maret 10, 2008

Pembagian Departemen IT

Secara fungsi, departemen IT dapat dibagi atas tiga bagian utama:
  • Infrastruktur, infrastruktur IT/ICT mencakup jaringan komputer, server, dan semua layanan dan software yang terkait di dalamnya. Bahkan bisa termasuk Fax dan PABX jika fasilitas tersebut juga berteknologi terkait ICT.
  • Operasional, mencakup aktifitas seperti mengurus akun email user, akun LDAP, mengatur pembelian consumables dan item peralatan baru, administrator untuk aplikasi dan pengawas transaksi, dll.
  • Pengembangan Perangkat Lunak.
Bagian Pengembangan Perangkat Lunak tidak harus ada di setiap perusahaan/instansi. Tetapi bagian Infrastruktur dan Operasional harus ada, minimal fungsinya saja.

Tergantung besar dan kompleksitas sarana/prasarana IT/ICT, ketiga bagian tersebut bisa saja dipegang oleh satu orang "superman", atau bisa juga masing-masing bagian merupakan departemen atau tim tersendiri.

Bisa juga ketiga bagian tersebut di outsource semuanya, kecuali sedikit fungsi operasional untuk mengurus outsource tersebut.

Semua pilihan bergantung pada kemampuan SDM internal perusahaan, kompleksitas operasional, dan anggaran yang layak disanggupi.


Jadi jangan merasa risih kalau menjadi "Superman ICT" karena semua dikerjakan sendiri, atau risih karena terlalu "gemuk"; jumlah SDM IT yang terlalu banyak, sampai berkali lipat jumlah orang-orang akunting. Semuanya bisa saja terjadi, yang penting jelas dasar pertimbangan pemikirannya.

Ukurannya adalah kebutuhan bisnis, bukan alasan teknologi ataupun ego pribadi, karena departemen IT/ICT hadir sebagai pendukung bisnis, maka apapun aktifitasnya haruslah business driven.

Tidak ada komentar: