Jumat, Maret 07, 2008

Tugas (job description) Departemen IT

Pengelolaan departemen IT (lebih tepatnya ICT-Information and Communication Technology) yang profesional semakin dibutuhkan untuk mengoptimalkan kontribusi/mengintegrasikan departemen IT terhadap perusahaan secara keseluruhan.

Ada dua standar yang dominan dalam pengelolaan departemen IT ini, yaitu:
  • IT IL (IT Infrastructure Library), yang dikeluarkan oleh Office of Government Commerce (OGC) Inggris.
  • COBIT (Control Objectives for Information and related Technology), dikeluarkan oleh Information System Audit and Control Association (ISACA) dan IT Governance Institute.
Setelah mengikuti pelatihan IT IL Foundation v3 akhir Februari 2008 lalu, saya berkesimpulan bahwa IT IL dan COBIT adalah implementasi dari konsep-konsep manajemen modern yang selama ini sudah berhasil diterapkan untuk bidang non-IT seperti Total Quality Management (TQM), ISO 9000 (kualitas), dan Six sigma. Implementasinya bisa dalam bentuk SOP jika mengacu ke ISO 9000.
Konsep-konsep manajemen modern diatas sudah dibahas waktu saya kuliah S1 di jurusan Teknik Industri dulu.

Khusus untuk pengembangan software, sudah ada standar yang berkembang berbarengan dengan ITIL, yaitu Capability Maturity Model (CMM). Termasuk di dalamnya standar pengelolaan proyek IT (manajemen proyek).

Tujuan utama pentingnya konsep manajemen dalam mengelola departemen ICT ini adalah bagaimana membuat ICT di suatu perusahaan/instansi menjadi lebih terukur kinerjanya, kontribusinya, dan perencanaan pengembangannya bagi pihak manajemen perusahaan, dan memudahkan departemen IT itu sendiri mengelola aktifitas mereka.

Sehingga departemen IT tidak lagi menjadi suatu pulau terasing (yang kerap dicurigai) dalam aktivitas suatu perusahaan, tetapi terintegrasi, transparan, dan dimengerti oleh pihak manajemen yang non-IT sekalipun.

Tidak ada komentar: