Kamis, Mei 22, 2008

Alasan LCD Sudah Layak Menggantikan CRT

Display monitor LCD sampat saat ini belum merupakan display utama untuk komputer (PC). Kendala utama adalah harganya yang masih 2x-3x harga display CRT. Kecuali di industri disain grafis yang memerlukan ketajaman gambar dan detil warna sehalus mungkin yang sampai saat ini hanya bisa ditampilkan oleh CRT.

Dibanding 3 tahun lalu, tahun 2005 harga LCD 17" berkisar US$ 500- US$ 800. Tahun 2008 ini harga LCD untuk ukuran yang sama sudah kurang dari US$ 200. Suatu penurunan harga yang cukup signifikan.

Beriku beberapa alasan untuk menggunakan LCD:
  1. Hemat menggunakan Listrik. konsumsi listrik LCD 17" (misal LG L1753S) sekitar 30 W, display CRT 17" (misal LG 710BK) sekitar 73 W. Hitung saja pemakaian dalam sehari/8 jam, dan pemakaian dalam setahun.
  2. Hemat tempat. Bentuk fisik LCD yang tipis membuat meja kerja jadi lega.
  3. CRT mengeluarkan panas jauh lebih banyak daripada LCD. Jika dalam ruangan ada beberapa monitor CRT, cukup berpengaruh pada pendinginan suhu ruang, jika ruangan tersebut memakai penyejuk udara.
  4. CRT memancarkan radiasi sedangkan LCD tidak. Menggunakan LCD membuat mata tidak cepat lelah dan tidak terpapar radiasi.
  5. LCD menampilkan resolusi layar lebih tinggi daripada CRT. LCD 15" mampu menampilkan gambar dengan resolusi 1024x768 pixel, sedangkan ukuran resolusi yang sama hanya bisa ditayangkan dengan baik oleh CRT 17". Semakin tinggi resolusi yang bisa ditampilkan, semakin lebar ruang tampilan yang bisa dilihat oleh user.
Apa merek LCD yang bagus?
Saya sudah coba merek HP, LG, Samsung, Acer, Phillips, Sony, Benq. Ketahanan merek-merek LCD tersebut relatif sama, mungkin proses fabrikasi LCD sudah standar dan massal, sehingga beda hanya di fitur tambahan dan pelayanan purnajual saja.

Karena listrik di negara kita dibangkitkan dari pembakaran bahan bakar dari fosil, menggunakan peralatan hemat energi seperti LCD ini akan menghemat bahan bakar untuk digunakan lebih lama.

Kajian secara ergonominya bisa dilihat disini.

Tidak ada komentar: