Kamis, Mei 08, 2008

Kartu Keluarga

Alhamdulillah, tanggal 7 Mei 2008 lalu pembaruan data Kartu Keluarga saya sudah selesai dengan tambahan 1 anak.

Kartu keluarga ini mulai di urus sejak pertengahan tahun 2007 lalu, sebelum Ramadhan. Agak bolak-balik karena pertama kali pengurusan minta bantuan seseorang yang mengatakan tidak perlu pakai surat pengantar dari RT/RW, namun kemudian minta surat pengantar dari RT/RW. Karena berbagai kesibukan, surat pengantar RT/RW ini baru selesai beberapa bulan kemudian di penghujung 2007.

Akhirnya saya putuskan mengurus sendiri KK ke kelurahan. Pertama kali ke kelurahan di pertengahan Januari 2008, dengan mengambil cuti setengah hari. Namun saat itu tidak bisa karena diberitahu bahwa mesin cetak KKnya sedang rusak, dan diminta datang dua minggu setelah itu. Sempat heran juga, karena kalau KK dan KTP ini penting, harusnya perbaikan mesin cetak KK dilakukan dengan prioritas tinggi.

Ternyata kesempatan berikutnya ke kelurahan adalah di bulan Maret 2008. Cuma penyerahan berkas:
  • KK lama
  • Surat pengantar dari RT/RW
  • Akta Kelahiran untuk anggota keluarga yang akan dimasukkan ke KK.
Ditambah pembayaran sebanyak sekitar 15 ribu rupiah (saya lupa persisnya, tapi gak banyak). Disuruh ambil lagi 10 hari setelah itu.
Dua minggu setelah itu, berkas sudah selesai di cetak, tinggal minta tanda-tangan RT, dan memasang pas foto 2x3 sebanyak 3 lembar (lembar RT, lembar Kelurahan, lembar keluarga).

Lagi-lagi kesempatan berikutnya molor, baru bisa ke kelurahan mengantarkan berkas permohonan KK baru ini (sudah ditandatangani, sudah di cap oleh ketua RT, dan sudah dipasang pas foto) tanggal 7 May 2008 lalu.

Alhamdulillah, proses akhir di Kelurahan di Jakarta Timur ini tidak sulit, tidak sampai 2 menit prosesnya. Tanda tangan oleh wakil lurah, kemudian distempel oleh petugas administrasi, langsung kelar.

Berikut ringkasan prosesnya:
  1. Minta surat pengantar dari RT/RW untuk memperbarui KK.
  2. Bawa surat pengantar tersebut beserta KK lama asli dan salinan akta kelahiran anggota keluarga yang akan ditambahkan ke kantor Kelurahan dan membayar sebanyak yang ditentukan. KK dalam proses pencetakan, memakan waktu sampai 10 hari. Biasanya diberi surat tanda terima berkas dan kapan pengambilannya.
  3. Ambil lagi berkas dengan membawa surat tanda-terima dan pengambilan KK. Tandatangani, tempelkan pas foto kepala Keluarga sebanyak yang dibutuhkan, dan minta pengesahan tandatangan dan stempel dari ketua RT.
  4. Berkas yang sudah lengkap tersebut dibawa lagi ke kantor kelurahan untuk ditandatangani Lurah/Wakil Lurah dan distempel kelurahan. Tinggalkan lembaran untuk kelurahan di kantor kelurahan.
  5. Berikan lembaran untuk pengurus RT.
  6. KK sudah selesai.
Lumayan melelahkan, bolak balik kantor RT dan kantor Kelurahan. Tak heran KK diurus kalau pas ada keperluan saja, bukan saat terjadi perubahan.

Tidak ada komentar: