Senin, Juni 23, 2008

Hari Minggu Serpong - Depok via Tanah Abang-Manggarai Dengan KRL

Tidak ada jalur KA langsung dari Serpong ke Depok ke Bogor, kecuali di jam tertentu di hari kerja. Kalau di hari kerja, ada KRL Express dari Bogor sekitar jam 16:00 sampai di Cawang jam 17:20, sampai di Sudirman/Dukuh Atas jam 17:40, seterusnya ke Tanah Abang dan Serpong. Dari arah Serpong juga ada KRL AC Express sekitar jam 18:40, sampai di Pondok Ranji jam 18:55, seterusnya sampai Tanah Abang, Sudirman, Manggarai, Depok, sampai Bogor. Kalau pagi hari sekitar jam 7:30, ada KRL Express dari Serpong sampai Tanah Abang-Sudirman-Manggarai-Depok.

Memang jalur Serpong-Depok-Bogor mesti melalui Tanah Abang, Sudirman/Dukuh Atas, dan Manggarai.

Untuk hari minggu, KA yang ada hanyalah langsam dari Rangkas ke Kota lewat Tanah Abang, dan beberapa rit Ciujung (KRL Ekonomi AC) Serpong-Tanah Abang.

Karena itu untuk hari minggu cara satu-satunya adalah mencapai stasiun Tanah Abang terlebih dahulu.

Berangkat dari Pondok Ranji naik KRL Ekonomi AC Ciujung jam 9.06 yang
datang jam 9:30, sampai di Tanah Abang 15 menit kemudian.

Dari stasiun Tanah Abang ada dua pilihan:
  • Naik KA yang langsung ke Bogor, ada beberapa KRL AC Express yang dan ada juga KRL ekonomi yang harga tiketnya Rp. 1500.
  • Naik KA dulu ke stasiun Manggarai, kemudian disambung dengan KRL yang di Manggarai atau yang dari stasiun Kota. Disini pilihannya ada tambahan KRL AC Ekonomi yang harga tiketnya Rp. 6000.
Penumpang KA di hari minggu lumayan banyak juga, cukup penuh sampai berdiri, terutama untuk KRL ekonomi dan KRL ekonomi AC.

Jadwal KA jalur Depok-Manggarai lumayan banyak walau hari minggu/libur sekalipun. Tetapi untuk jalur Serpong-Tanah Abang-Manggarai, semua rangkaian KRL Express tidak ada yang beroperasi. Jadi hanya KRL ekonomi, lansam, dan KRL Ekonomi AC Ciujung. Jadi perhatikan jadwal yang ada dengan seksama, kalau perlu konfirmasikan ke petugas.