Jumat, Juni 20, 2008

Mozilla Thunderbird MBOX File > 2.4 GiB

Beberapa hari yang lalu di salah satu user ada masalah di aplikasi email thunderbirdnya (Thunderbird 2.x). Masalahnya adalah thunderbird bekerja lama sekali untuk menampilkan inbox.

Setelah di cek, ternyata berkas mbox inbox-nya sudah berukuran lebih dari 2 GiB, tepatnya 2.4 GiB. Berkas MBOX adalah berkas penyimpanan email Thunderbird, tidak pakai ekstensi, aktualnya berformat teks. Berkas thunderbird lainnya adalah .MSF, barangkali singkatan dari Mozilla Summary File, semacam daftar isi untuk berkas MBOX.

Setelah menunggu cukup lama, inbox akhirnya bisa ditampikan. Segera diambil tindakan perbaikan dengan memindahkan email di inbox ke beberapa folder baru (User minta dipisah per kategori produk dan per tahun). Setelah inboxnya kosong, kemudian dijalankan perintah Compact Folders, berkas MBOX inbox tidak susut ukurannya, walaupun isinya sudah tidak ada.

Akhirnya diputuskan untuk untuk menghapus berkas inbox tersebut, kan isinya sudah tidak ada. Terlebih dulu Thunderbird di tutup. Setelah dihapus, kemudian Thunderbird dibuka lagi, Alhamdulillah muncul inbox baru dengan ukuran normal.

Sepertinya ini cacat/bug di Thunderbird untuk ukuran MBOX>2 GiB. Tapi masih lebih mending daripada Ms. OutlookExpress yang berkas inboxnya tidak bisa terselamatkan tanpa software tambahan yang berbayar.

Tidak ada komentar: