Selasa, Juni 10, 2008

Otentikasi Ubuntu 8.04 ke LDAP - Fedora Directory Service (Fedora DS)

Sejak Ubuntu Feisty, fitur yang paling saya tunggu adalah otentikasi user ke server LDAP. Sudah dicoba beberapa cara yang disarankan, bahkan yang melibatkan skript sekalipun, tetap aja gagal otentikasi ke server LDAP yang saya pakai, Fedora Directory Server (FDS). Padahal di Fedora, saya mulai pakai sejak Fedora Core 5, setingnya cuma menjalankan :

[konsole]* system-config-authentication
[KDE menu] * Application - Administration - Authentication

Ubuntu Hardy sudah ada paket aplikasi authtool dan authtool-gtk (0.2.0). Pertama kali menggunakan Ubuntu 8.04 tak lama setelah rilis, saya sudah coba memasang aplikasi otentikasi ini, hasilnya aplikasi tersebut crash, tanpa sempat menampilkan apapun. Hari ini setelah update beberapa paket pendukung, setingan otentikasi ini saya jalankan lagi,
dan untuk pertama kalinya menampilkan jendela isian sebagai berikut:

Pilihan otentikasi yang tersedia ada empat:

  • Active Directory Authentication
  • NIS/NIS+ Authentication
  • LDAP/Kerberos Authentication
  • Standalone Workstation

Setelah diisi kotak isian yang sesuai, yaitu hanya "LDAP Server" dan "Base DN" dengan pilihan "LDAP/Kerberos Authentication", muncul permintaan mengunduh paket:

libpam-ldap
libnss-ldap
nscd

Begitu pengunduhan selesai, ternyata setingan harus dimulai lagi dari awal. Kali ini langsung bisa tanpa masalah. Tes login dengan user-password dari FDS bisa tanpa masalah.

1 komentar:

Teguh Ramanal mengatakan...

Di Ubuntu 10.04 setelah terpasang auth-ldap-client/config dan semua paket ikutannya, paasng webmin. Nanti dari webmin mudah mengaktifkannya.

Kelebihan webmin adalah kalau ada library yang kurang di tampilkan ke user. Sementara kalau di seting manual ke berkas konfigurasinya, seringkali tidak muncul inti masalahnya.