Minggu, Juni 01, 2008

VGA Card nVidia GeForce FX 5500 di Ubuntu 8.04 Hardy

Minggu lalu tak sengaja anak saya memencet tombol sleep di keyboard, akibatnya komputer saya langsung "tidur". Sayangnya waktu disuruh bangun lagi, ternyata tidak bangun seperti seharusnya, walaupun sudah dipencet tombol reset segala.

Dugaan awal mungkin komputer in sudah terlalu tua untuk melayani proses sleep segala macam. Dengan mobo Abit dan prosesor AMD AthlonXP 1800+ (1400) dan ram 1024+512 MB, sudah berumur 6 tahun lebih dikit. Pengecekan yang lebih serius lagi dengan membuka kotak CPU, didapati mobo hidup normal ditandai dengan bunyi bip dan kedipan lampu keyboard, tapi tampilan di LCD cuma perubahan dari hitam ke abu-abu gelap doank, tampilan BIOS yang seharusnya tidak tampak. LCD di tes dengan TV tuner (eksternal) bisa hidup normal. Kesimpulan: ada masalah dengan kartu VGA, nVidia Riva TNT2 64. Pengetesan di komputer kantor menunjukkan kartu vga ini memang bermasalah.

Setelah gak nemu kartu vga AGP (2x keatas) di deket rumah, baik baru maupun seken, siang tadi akhirnya ke Mangga Dua. Dari beberapa toko, hanya satu toko yang menjual kartu vga dengan ram 128MB, selebihnya hanya menawarkan tipe ram 256MB. Sebenarnya gak masalah sih kalau ram-nya lebih besar, kali aja resolusi di LCD 17" bisa lebih dari 1280x1024. Cuma harganya jauh diatas anggaran, diatas 300 rebu rupiah. Jadilah nVidia GeForce FX5500 128 MB jadi vga card yang baru, seharga Rp. 250 rebu.

Alhamdulillah, setelah dipasang, tidak ada masalah di Ubuntu 8.04. kartu VGA ini langsung bekerja normal, malah langsung konfirmasi untuk mengunduh nVidia accelerated graphics driver dari repo.

Sayangnya komputer jadi lambat begitu compiz diaktifkan. Padahal fitur yang sama di komputer kantor yang Core2Duo dengan vga card nVidia onboard, berjalan mulus.

1 komentar:

Teguh Ramanal mengatakan...

Compiz akhirnya bisa diaktifkan, berjalan normal, dengan respon yang tetap cepat dan mulus.

Sebelumnya PC jadi lambat karena setting clock prosesor turun sampai batas terendah, dibawah 1000 MHz. Jadi gak ada hubungan dengan kartu VGA.