Rabu, Juli 30, 2008

VMware Server 2.0 - Ini Jamannya Virtualisasi

Beberapa bulan belakangan saya makin sering mendengar penggunaan VMware oleh beberapa praktisi IT di beberapa milis. Meskipun VMware bukan barang baru bagi saya, tapi menggunakannya di lingkungan kerjaan memang baru. Dan bulan Juli 2008 ini saya putuskan untuk mencobanya. Kebetulan baru dapat laptop baru, Asus F5RL, Core2Duo dengan memori 1.5 Gigabita.

VMware server saat ini mencapai rilis 1.0.6 untuk edisi stabil, dan 2.0 rc untuk edisi yang belum matang. Minggu lalu saya unduh kedua edisi tersebut, untuk semua rilis OS yang ada: Windows, Linux 32 bit, dan Linux 64bit (rpm dan tar.gz).

Sampai saat ini saya baru mencoba versi windowsnya vmware 2.0. Belum sempat lagi mencoba edisi Linux-nya, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dicoba juga.

Instalasi vmware server ini standar instalasi aplikasi windows, mudah dan cepat. Hasil instalasi memunculkan menu baru di menu Windows: yaitu VMware server dan VMware Web Access.

VMware server terdiri dari "Manage Virtual Networks" untuk mengelola perangkat jaringan vmware, dan menu "VMware Server Home Page".
VMware Web Access terdiri dari menu untuk konfigurasi dan monitor Tomcat, beberapa tautan pertolongan, dan tautan untuk ke "Web Access".

Dari menu, sudah bisa di tebak, VMware menggunakan webserver Tomcat, dan monitor VM dilakukan dengan akses web.

URL standar untuk Web Access VMware:

http://127.0.0.1:8308/ui/#

atau

https://[IP host]:8333/ui/#


Login ke VMware Infrastructure Web Access menggunakan akun login Windows seperti biasa (akun login lokal ataupun akun Directory Services)

VM yang sudah dicoba:
  1. Windows NT 4 Server Standard
  2. Compuntu, Compiere on Ubuntu, paket VM appliance di situs VMware.
  3. CentOS 4 dari komtek (terimakasih untuk kang iwan - Muhammad Syarwani).

Tidak ada komentar: