Kamis, November 20, 2008

Laporan Insiden : Display PC Mati Tiba-tiba Setelah Petir

Kejadian: Sabtu, 15 November 2008, sore.
Kronologi:
PC hidup dan terkoneksi internet, cuaca diluar saat itu sedang hujan.Tiba-tiba ada petir yang sangat kuat, layar PC mati. Kemudian PC juga dimatikan paksa.
Setelah cuaca normal lagi, PC dihidupkan. Tidak ada nada beep normal, ada nada beep panjang, tidak ada tampilan di display.
Pengecekan tambahan: LCD di tes dengan TV tuner, hidup normal.
Diagnosa : VGA Card rusak. Tipe AGP 2x dengan kartu NVidia FX5500, 128 MB.

Tindakan:
  • Ganti VGA card dengan Suma Platinum GeForce4 MX440s DDR BIOS v4.17.20 64 MB. (seken). Setelah pemasangan, PC berjalan normal.
  • Pemulihan OS. Ubuntu 8.10 dan 8.04 tidak bisa boot secara normal. Terjadi kernel panic beberapa langkah setelah mulai, kemungkinan karena beberapa kali proses boot tak sempurna dan proses shutdown paksa sehingga struktur data di partisinya bermasalah. Setelah boot dalam recovery mode, kemudian boot diulangi di mode normal. Setelah beberapa kali restart, bisa masuk dalam mode terminal, karena GUI (X) gagal dimuat akibat konfigurasi sebelumnya yang mengaktifkan mode 3D dan memori VGA 128 MB. Setelah login, masuk kembali ke X dengan konfirmasi untuk masuk dalam mode grafis rendah. Seting kembali NVidia proprietary driver dan aktifkan (perlu terhubung ke internet untuk mengunduh proprietary driver nvidia). Ubuntu 8.10 kembali berjalan normal.

Entah mengapa, sudah tiga kartu VGA yang saya gunakan, semuanya NVidia. Padahal gak niat nyari kartu VGA tertentu, yang penting ada gambarnya.

Tidak ada komentar: