Jumat, November 07, 2008

Masalah Inbox Thunderbird

Thunderbird ternyata kesulitan dengan user yang menerima banyak email setiap hari dan disertai attachment yang lumayan besar, sehingga ketika email di inbox sudah ribuan dengan ukuran yang juga besar karena mayoritas ada attachment berukuran sekitar 100 KB - 6 MB, mulailah terjadi masalah.

Memang jadi pertanyaan, kenapa bisa inbox berisi ribuan email? Kenapa tidak diterapkan pengelompokkan email ke dalam beberapa folder sesuai kategorinya dengan memanfaatkan fitur message filter?

Inilah masalahnya, user tidak menganggap penting pengelompokan email ke dalam banyak folder sebagai suatu hal yang perlu, dan nyaman dengan melihat dan menyortir sendiri secara visual setiap saat di inbox untuk email yang ingin dilihat.

Masalah yang selama ini timbul:
  • Email yang dibuka isinya tidak sesuai dengan yang dipilih di inbox tersebut.
  • Email yang dibuka kosong tanpa isi, padahal di daftar email di inbox ada judulnya lengkap.
  • inbox tidak menampilkan daftar email yang ada, hanya ruang kosong saja.
Solusi:
  • Membuat ulang file daftar isi inbox. Setiap folder di Thunderbird terdiri dari dua file, yaitu mailbox dan msf. mailbox berada di file dengan nama sama tapi tanpa ekstensi, satu lagi file berekstensi .msf. File .msf inilah yang menjadi semacam daftar isi. Hapus file .msf ini untuk membuat ulang file .msf baru secara otomatis oleh Thunderbird.

Tidak ada komentar: