Senin, Desember 29, 2008

Dari Xubuntu ke Ubuntu: Intrepid Ibex (8.10)

Di ubuntu 8.10 intrepid ibex ini PC saya, priska, sering mengalami masalah hardware, yang mengakibatkan susahnya instalasi, terutama setelah akhirnya DVD drive ASUS 16x juga mengalami "kecelakaan" saat perbaikan. Alhamdulillah, pada suatu kesempatan dimana hardwarenya lagi sehat, dan yang ada cuman CD installer Xubuntu 8.10, akhirnya jadilah menjalankan Xubuntu dengan desktop XFCEnya.

Awalnya tidak ada rencana update ke Ubuntu 8.10 ini, secara Ubuntu 8.04 adalah LTS, sementara yang 8.10 ini tidak. Tapi karena ada keperluan untuk menggunakan kernel 2.6.27.xx, dengan berat hati terpaksa jua memasang Ubuntu intrepid ini.

Ternyata Xubuntu dengan Xfcenya memang ringan dan sangat sederhana. Banyak fitur dan alat bantu yang dulu dirasakan memudahkan user di Ubuntu/Kubuntu, di Xubuntu banyak yang lenyap. Diantaranya:
  • Video thumbnail, berkas video seperti mpeg, avi, flv, dll tidak ada thumbnail-nya. Fitur ini sangat berguna untuk balita saya.
  • Teks editor, mousepad terlalu sederhana dibanding gedit, apalagi kalau dibandingkan dengan kate :-)
  • Tidak bisa menampilkan dan mengimpor isi kamera dijital KODAK EasyShare 1003. Di Ubuntu otomatis mengenali kamera Kodak, membuka f-spot dan menawarkan impor/penyalinan ke harddisk. Fitur yang sangat membantu user non-IT. Kalau cuma mengenal secara hardware saja, tidak membantu user.
  • File manager, nautilus dengan add-ons seperti image resizer, svn, CD burn, sangat memudahkan.
  • Estetis. Seperti tombol pengaturan volume suara di keyboard yang di gnome akan menampilkan visualisasi speaker, sedangkan di Xfce tidak ada visualisasi.
Banyak lagi yang lainnya. Tapi memang mungkin segmen peruntukannya beda. Xubuntu kelihatannya diperuntukan untuk PC berkemampuan lebih rendah untuk memakai kernel terbaru. Alhamdulillah, sampai saat ini, priska dengan mobo ABIT KG-7, AMD AthlonXP 1800+, memori 1.5 GB, VGA card NVidia AGP 2x 64MB, masih kuat untuk menjalankan Ubuntu 8.10.

Sedikit masalah, OpenOffice.org 3.0 yang di pasang dari installer yang diambil dari situs openoffice.org teks menunya tidak muncul. Mudah-mudahan tak lama lagi OOo 3.0 sudah ada di repo ubuntu.