Minggu, Desember 07, 2008

Priska General Check Up

Setelah mati vga akibat kena petir 3 minggu lalu, priska-quantan masih belum stabil, masih suka restart sendiri secara tiba-tiba. Daripada harddisk nanti jebol, saya putuskan untuk check up total semua komponennya. Priska-quantan speknya Abit KG-7, AMD AthlonXP 2000+ (tbred), ram 1 GB + 512 MB, masih AGP 2x.

Berikut temuannya:
  • kartu VGA tidak stabil. Memang kartu vga ini seken, Suma Platinum GeForce4 MX440s 64 MB. Akhirnya diganti dengan GeForce MX400 64 MB, seken juga, dapat dari toko komputer deket rumah, 125 rebu. Lumayan menghemat, daripada beli baru dengan kurs Rp. 12.100,-.

  • Kipas chipset sudah mati. Diganti dengan kipas semodel, 20 rebu perak, tapi yang ada cuman dengan colokan 4 pin seperti konektor daya IDE. Terpaksa diganti konektor dayanya dengan yang aslinya, 2 pin, karena ada sensor yang otomatis merestart sistem jika daya untuk kipas chipset ini tidak terpasang di konektor daya khusus kipas chipset yang ada di mainboard.

  • Kapasitor di sekitar prosesor yang berjumlah 6 biji sudah bengkak dan mengeluarkan cairan. Sekalian diganti semuanya, 6 biji kapasitor 3300 mikroF 6.3 V seharga 4 rebu perak sebiji. Adanya di Glodok lantai dasar bagian belakang. Dicari di toko komponen elektronik deket rumah gak ada, paling mendekati cuman kapasitor 3300 mikroF 50 V, gak mungkinlah. Di Glodok aja mereka juga heran koq voltasenya kecil banget, 6.3V. Pencopotan kapasitor lama dan pemasangan kapasitor baru di mainboard ini butuh trik khusus, mungkin karena udah lama banget gak berurusan dengan pencopotan-pemasangan komponen di papan PCB, jadi sempat keringatan juga ngakalinnya. Peralatannya adalah solder, pencabut solder, jarum pentul buat peniti jilbab, dan tentu saja timah solder. Lainnya perlu tang, gunting, atau pemotong kuku buat merapikan hasilnya.
Alhamdulillah akhirnya long weekend ini priska sudah bisa digunakan lagi.

Tidak ada komentar: