Rabu, Desember 03, 2008

Software untuk alat bantu Manajemen Departemen IT

Setelah dapat training ITIL v3 (ITSM), saya jadi terinspirasi merangkum aspek-aspek yang dikelola di departemen IT dan membuat alat bantunya. Walau belum mencapai sepenuhnya apa yang dituju dalam fungsi-fungsi ITIL, minimal untuk kebutuhan jangka pendek dan jangka menengah (2-3 tahun ke depan) masih sesuai dengan keadaan di tempat saya bekerja. Maka, jadilah System Control Center (scc - syscon), aplikasi untuk mengelola aktivitas-aktivitas departemen IT. Software web-based yang di develop sendiri untuk membantu pekerjaan departemen IT sehingga jadi lebih terkontrol, mudah, dan transparan.

Meliputi:
  • IT request handling
  • IT asset management (link ke data manajemen aset perusahaan)
  • Working log / assignment. Modul ini juga untuk alat project management sederhana khususnya di ruang lingkup IT.
  • IT procurement / purchase (link ke modul procurement perusahaan)
  • Items / pc / peripheral transactions (in, out, stock)
  • IT incident reporting
  • Shutdown approval
  • PC / software inventory (link ke db OCSI-NG)
  • Reporting, berupa web-pivot report, serta scheduled email notification.
  • Fasilitas pencarian data IT request, working log, assignment, items transactions, IT incident, dan shutdown approval, untuk memudahkan melihat riwayat suatu kasus ataupun riwayat suatu perangkat IT.
Tiap-tiap aktifitas diatas disediakan email notification otomatis ke atasan/actitivy owner, user/requester, dan PIC yang bersangkutan. Otentikasinya juga bisa terintegrasi ke LDAP server (sudah dijalankan di LDAP Fedora Directory).

Aplikasi untuk membantu pengelolaan departemen IT ini dibuat dengan PHP 5 dan Ajax, dijalankan diatas Apache 2.

Berminat? Permintaan penawaran silahkan dimasukkan lewat bagian komentar dengan identitas jelas (tidak akan ditayangkan).