Sabtu, Februari 21, 2009

Akhirnya, Sebuah Sepeda MTB 26"

Setelah seminggu ini naik Ciujung terpagi yang baru, sepertinya ciujung tambahan pagi ini sudah bisa diandalkan untuk sampai ke Palmerah jam 06:05 WIB.

Hambatan terbesar adalah minimnya angkot pagi, sehingga kudu lebih pagi dari rumah untuk dapat angkot yang baru 1x per 10 menit. Untuk menggunakan motor tidak mungkin, secara ibunya Fiya juga menggunakannya untuk transportasi ke sekolah. Pilihan yang paling saya sukai adalah naik sepeda. Yep, impian sedari kecil untuk punya sepeda Alhamdulillah akhirnya jadi kenyataan...

Sore tadi setelah sholat Asyar langsung mendatangi toko sepeda "Jaya" (tanpa plang nama) yang berlokasi tak jauh dari mesjid Al Abror, deket mitra10, masih di jalan Ceger Raya/Bintaro/Pondok Aren. Ada beberapa tipe yang dipamerkan, tapi yang sesuai kantong saya ternyata tidak banyak, yaitu sepeda standar dengan harga kurang dari satu juta rupiah (<1 style="font-style: italic;"> shockbreaker (sokbreker) depan, tanpa rem cakram. Setelah tawar-menawar, didapat harga akhir 950 ribu rupiah, lebih murah 100 ribu rupiah dari model yang dilengkapi rem cakram depan, tapi lebih mahal dari model lain yang tanpa sokbreker depan, atau malah dengan yang tanpa pengaturan gir percepatan. Fitur lainnya 3 percepatan di depan, 7 percepatan di gir roda belakang, totalnya 21. Sayangnya tidak ada tutup roda depan dan belakang, apa mungkin karena modelnya MTB? Bakal kecipratan lumpur jalanan neh.. kalo lagi lewat jalan basah.

Masih ada lagi beberapa hal yang perlu dilengkapi:
  • Lampu belakang (lampu, mata kucing, atau led).
  • Helm sepeda, tadi ditanya harganya cukup mahal, sekitar 120 ribuan.
  • Kunci sepeda, supaya bisa dikunci sekaligus ditambatkan di parkiran. Tadi ada dua model yang ditawarkan, pake kunci harganya 13 ribu rupiah, pake nomor kombinasi harganya 32 ribu rupiah.
  • Tutup roda (spatbor) depan dan belakang biar aman dari percikan air jalanan di musim hujan ini.
Serius mau bike to work?

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Ada lagi yang kurang:
Bel sepeda, biar aman kalau mau belok, mendahului, ketemu teman, dll... :-D