Kamis, Februari 19, 2009

Horee... Ada KRL Eko AC Ciujung Yang Lebih Pagi, Serpong-Tanah Abang

Senin, 16 Februari lalu, sekitar jam 06:00 di depan stasiun Kebayoran, secara tak sengaja saya melihat KRL AC lagi menurunkan penumpang. Karena KRL ini berhenti di Kebayoran, maka pastilah ini Ekonomi AC, karena KRL Express tidak berhenti di Kebayoran.

Kaget, karena selama ini KRL Eko AC paling pagi paling cepat jam 06:10 sampai di stasiun Kebayoran, berangkat dari stasiun Serpong jam 05:45. Cek di situs krl.co.id, ternyata memang ada KRL Ciujung tambahan pagi dengan jadwal jam 05:30 dari stasiun Serpong, berarti 15 menit lebih awal dari jadwal pertama sebelumnya.

Karena penasaran, besoknya saya langsung coba, jam 05:35 sudah sampai di stasiun Pondok Ranji. Tepat jam 05:40, seperti biasa muncul KRD lansam Rangkas-TanahAbang-Kota dengan penumpang yang sangat penuh sudah meluber sampai ke atap. Dengan sisa-sisa pengangan tangan yang ada, beberapa ibu-ibu, anak sekolahan, mencoba merangsek masuk, sementara yang masih muda dan kuat cukup puas bergelayutan di pintu KRD dengan pegangan
seadanya, yang lainnya memutuskan naik ke atap gerbong.

Sekitar jam 05:45 muncullah KRL AC Ekonomi Ciujung dari arah Barat. Beberapa calon penumpang agak buru-buru karena petugas karcis untuk Ciujung ini agak telat buka loketnya. KRL tidak terlalu penuh, semua bangku sudah terisi dan beberapa orang berdiri, otomatis dapetnya berdiri juga. Sekitar jam 05:50 barulah Ciujung berangkat, sampai di stasiun Kebayoran sekitar jam 06:00, sekitar satu menit berhenti, jam 06:05 sampailah di stasiun Palmerah. Alhamdulillah, saya cukup lega karena masih ada sisa waktu beberapa menit sebelum naik bus.

Sampai pagi ini, sudah 3 kali pagi saya naik Ciujung Tambahan, begitu petugas di stasiun menyebutnya. Sebetulnya akhir Agustus 2008 lalu saya sempat lewat email meminta PT KA Jabotabek menambahkan satu jadwal pagi untuk penumpang dari Serpong. Ini mengingat KRD yang dari Rangkas pagi itu sudah terlalu penuh, sehingga harusnya penumpang yang dari Serpong bisa terbagi ke KRL pagi tersebut. Saat itu jawaban dari PT KA Jabotabek adalah belum memungkinkan karena terbatasnya rangkaian KRL yang ada.

Alhamdulillah bulan Februari 2009 ini sudah ada KRL yang beroperasi lebih pagi. Mudah-mudahan kedepannya lebih disosialisasikan lagi supaya calon pengguna KA segera tahu layanan terbaru dari PT KA. Tidak diam-diam saja seperti saat ini.

Tidak ada komentar: