Sabtu, Juni 13, 2009

Webmeeting

Webmeeting mungkin istilah yang makin lama makin populer di dunia bisnis dan pendidikan. Secara perangkat, webmeeting ini terbagi dua:
- infrastruktur webmeeting yang di sediakan oleh pihak ketiga.
- infrastruktur webmeeting yang disediakan sendiri.

Untuk tipe yang pertama, yang telah saya coba adalah gotomeeting dan livemeeting. Citrix Gotomeeting berlokasi di sini, sedangkan Microsoft Office LiveMeeting berlokasi disini.

Untuk tipe kedua, yang sudah saya coba adalah dimdim. Dari situsnya, ternyata ada yang sudah berbentuk virtual appliance dengan OS CentOS 5.2 32 bit. Jadi tinggal dijalankan saja di VMware.

Penggunaan webcam, mic, virtual whiteboard, dan dokumen presentasi di dimdim lumayan mudah. Selain itu juga ada fasilitas chat publik dan chat private. Webcam dijalankan menggunakan flash video, jadi pastikan browsernya sudah terpasang flash plugins. Host bertindak sebagai initiator meeting, sekaligus juga sebagai moderator meeting yang bisa menunjuk siapapun peserta meeting untuk jadi presenter sekaligus mendapatkan hak publikasi webcam, dokumen, dan whiteboard. Dan hak ini dapat diambil kembali dan dialihkan ke peserta lain. Jadi host bener-bener mengendalikan rapat secara penuh.

Tidak ada komentar: