Kamis, Juli 23, 2009

Komponen Pivot untuk Delphi

Pivot, adalah bentuk pengolahan data populer dalam business intelligence (halah..sok ilmiyah). Komponen (VCL) pivot di delphi termasuk langka, yang komersil aja jarang, apalagi yang freeware, boleh dikata tidak ada. Di versi Delphi enterprise, ada komponen pivot bawaan, namanya decision cube, rada lambat, dan tampilan kurang menarik, serta kendala teknis lainnya dalam koneksi data. Sayangnya juga, Delphi versi Enterprise lumayan mahal, jadi di kantor dari dulu cuma main di versi Professional saja.

Dua komponen pivot Delphi yang saya pertimbangkan:
Kenapa hanya dua ini? Kebetulan sebelumnya saya sudah punya FastReport, sodaranya FastCube, dan ExpressQuantumGrid, sodaranya ExpressPivotGrid. Minimal ada diskon yang cukup berarti. Selain itu, dengan pengalaman menggunakan FastReport dan ExpressQuantumGrid, kira-kira sudah bisa merasakan gaya produsen kedua komponen ini.

Terus terang, ExpressPivotGrid jauh lebih canggih, baik dari segi fitur maupun kosmetik tampilan. Tapi ada kelebihan FastCube yang cocok dengan kondisi saya, yaitu masih menyediakan versi untuk delphi 5, sedangkan Fastcube minimal menggunakan Delphi 7. Sepertinya kedua komponen pivot ini sudah unicode, walaupun untuk Delphi resminya unicode baru di versi delphi 2009 ini.

Pembelian FastCube ini, sama seperti pembelian FastReport sebelumnya, menggunakan wire-transfer dengan bantuan pihak ketiga. Tapi proses pembelian kali ini lebih cepat, mungkin karena akun sebagai user FastReport langsung berlaku untuk FastCube, sehingga begitu pembayaran tuntas di layar akun client langsung muncul pilihan untuk mengunduh FastCube versi 1.5.

Tidak ada komentar: