Selasa, Juli 07, 2009

Partisi System di Vista Tidak Bisa Di Shrink

Ada notebook Sony Vaio VGN-Z36GD mampir ke meja, sepertinya ada masalah di partisi systemnya (drive C). Walaupun sudah ada free space sebesar 130-an GB, tapi dari disk-management Vista, hanya bisa di shrink sebanyak 3400-an MB.

Apa masalahnya?

Walau tidak terbiasa dengan Vista, tapi saya sudah terbiasa dengan Windows 2000 dan Windows XP. Cuman pas di era WindowsXP saya juga mulai terbiasa dengan Fedora dan Ubuntu, jadinya kurang akrab dengan Vista. Dugaan awal:

  • Free space digunakan oleh Windows untuk System restore. Ini benar banget, ada cukup banyak restore point yang sudah ada. Menurut yang punya laptop, semua restore point di hilangkan saja.
  • Paging File untuk Virtual memory. Memori notebook ini 4 GB standarnya, dan default paging file-nya juga 4 GB. Walaupun pada keadaan awal saja dengan membuka beberapa jendela explorer dan Windows Management sudah menaikkan pengguna memori sampai 1.5 GB (boros banget yakh..), saya rasa paging file tidak terlalu dibutuhkan. Jadi saya set 512 MB saja dengan max 2048 MB.

Dengan dua langkah diatas, free space sudah bertambah lagi, tetapi ukuran disk yang bisa di pakai untuk shrink tetap tidak bertambah. Kenapa ya?

Menurut situs ini, banyak penyebabnya, tetapi kemungkinan besar adalah adanya berkas sistem yang berlokasi di ujung partisi, yang cuma bisa dilihat pake aplikasi defrag pihak ketiga.

Ok, saya defrag dulu pake perangkat defrag bawaan Vista. Sambil mencari-cari perangkat defrag lainnya. Karena kelamaan prosesnya, defrag Windows ini saya batalkan saja, kebetulan ada utiliti paragon harddisk manager 2009 professional (trial).

Iseng-iseng saya coba boot dengan USB disk ubuntu 9.04 JJ, sepertinya berjalan baik, walau tidak langsung masuk ke mode grafis karena suatu masalah, tapi dengan di masukkan perintah startx, bisa masuk ke mode grafis. Perangkat Sony Vaio VGN-Z36GD ini cukup bisa dikenal baik oleh ubuntu 9.04, wireless card, vga card nvidia, sound card, semuanya berjalan baik. Tidak sempat explorasi lebih dalam, seperti fitur finger print reader dan seting VGA untuk stamina atau speed. OS bawaan notebook ini adalah Windows Vista Business 64 bit. Dengan prosesor Core2Duo P9600 dan memori 4 GB, notebook ini memang untuk pasar atas.

Tidak ada komentar: