Minggu, Juli 12, 2009

Ubuntu 9.04 dan Netbook Elevo Mantis A10116

Ubuntu 9.04 dan Netbook Elevo Mantis A10116, Cocoon Series.

Sabtu pagi, tanggal 11 Juli 2009, dengan naik KRD menyusuri stasiun tanah abang, stasiun duri, stasiun angke, stasiun kampung bandan, akhirnya sampai di stasiun kota, saya sampai di Mangga dua sebelum jam 9.30. Ternyata toko-toko komputer di mangga dua baru buka efektif jam 10.00.


Dari awal sudah ditargetkan untuk mendapatkan netbook dengan kisaran harga dibawah 4.5 juta. Dari beberapa toko, sudah dapat gambaran, sbb:

- Lenovo 10.2" dengan batre 6 cell, memori 1 GB. Harga sekitar 4.4 jt.
- Benq Joybook lite U101-SA1, free upgrade to 2 memory, batre standar 3 cell. Harga sekitar 4.3 jt.
- Elevo Mantis A10116, memori 2 GB, batre 3 cell. Harga sekitar 3.99 jt.

Ke semua netbook diatas sudah termasuk juga windowsXP home, harddisk 160 GB. Tapi bagi saya ini tidak masuk pertimbangan, karena sehari-hari penggunaan nantinya akan menggunakan Ubuntu 9.04. Sayangnya windowsXP home edition ini tidak bisa dipisah dari paket barangnya.

Dengan pertimbangan platform Intel Atom N270 ini sudah standar, sehingga ukuran memori, ukuran batre, tipe LCD, masa garansi, dan paket bonus lainnya yang jadi pertimbangan. Jadinya Elevo Mantis A101116 ini yang dipilih, garansinya 3 tahun, diluar batre dan charger.

Karena sudah terpasang WindowsXP home, langkah pertama adalah aktivasi WindowsXP dulu sehingga bisa digunakan. Aktivase yang bisa dilakukan cuma lewat telpon karena windowsXP pre-installed ini tidak bisa mengenali koneksi fastnet lewat USB, harus dipasang dulu driver modem motorola docsys-nya.


Setelah WindowsXP home bisa digunakan, langkah berikutnya memasang Ubuntu 9.04 JJ. Instalasi Ubuntu 9.04 ini dilakukan lewat USB Disk yang sudah dijadikan Ubuntu 9.04 live installer. Alhamdulillah instalasi berjalan lancar, semua perangkat seperti bluetooth, vga, soundcard, webcam, wlan card, ethernet card, juga bisa dideteksi sempurna, kecuali touchpad.

Selama ini memasang ubuntu di beberapa merek notebook yang menjadi masalah adalah VGA, webcam, atau kartu jaringan, namun di netbook elevo mantis ini malah touchpadnya yang menjadi masalah.

Dari seting di menu System - Preferences - Touchpad, didapat pesan berikut:

GSynaptics couldn't initialize.
You have to set 'SHMConfig' 'true' in xorg.conf or XF86Config to use GSynaptics

Sudah dicoba di cek lewat google, juga update kernel ke 2.26.28.13, tetap saja touchpadnya tidak dikenali. Baiklah, untuk sementara pake USB mouse saja dulu.


Berikut beberapa gambar cpuz untuk netbook elevo mantis seri cocoon ini.


Lho, koq semua skrinshut-nya aplikasi windows? Hehehhe.. karena sudah terpasang windowsXP, sekalian saya tes pake cpuz, biar lebih detail informasi chipset, prosesor, dan memorinya.
Nah, gambar diatas baru skrinshut Ubuntu 9.04-nya.

8 komentar:

Anonim mengatakan...

Hehe mau nanya nih, gimana cara setting elevo mantis ini biar bisa usb boot? udah diutik2 ga bisa jg. Bole minta urutan detail settingannya? Thx b4

Anonim mengatakan...

Colokin dulu USB disk installernya, baru masuk BIOS untuk setting. Harusnya di BIOS sudah langsung kelihatan USB disk yang mau digunakan untuk boot.

Anonim mengatakan...

G bisa om, padahal di notebook saya yg lain (HP) detect loh, bole tau bios version punya situ g? btw modem hsupa-nya elevo detect g di ubuntu? thx

Anonim mengatakan...

Aneh juga ya. Mungkin BIOSnya kaya Acer Extensa kali, USB disk ada dalam sub pilihan harddisk dalam menu boot priority BIOSnya.

Saya make Elevo Mantis A10116, tidak pake modem HSUPA, beda harganya sampai 1 jeti di modem doank, jadi males ngambilnya.

Nurcahyono mengatakan...

pengalamannya pake elevo gmana pak ? tertarik untuk beli elevo, please info nya pak .... thx b4

Teguh Ramanal mengatakan...

sejauh ini baik-baik saja pak. yang pake istri saya, konek ke desktop proyektor dan beberapa printer dengan ubuntu 9.04 lancar jaya.

sejauh ini juga, saya lihat tidak banyak netbook yang pasang memori 2 GB selain elevo ini :-)

The Keck mengatakan...

pak
masalah touchpadnya sudah bisa diberesin belom?
saya juga punya masalah yang sama

arumm mengatakan...

gan kalau tombol buar booting yang mana