Selasa, Agustus 25, 2009

Memasang Partisi Windows dengan PartImage

Saya membeli netbook elevo Mantis yang sudah terpasang WindowsXP Home Edition (tinggal di aktivasi), tapi ternyata tidak ada CD installer-nya.

Bagaimana kalau WindowsXP terpasang ini bermasalah? Bagaimana pemulihannya tanpa CD installer?

Netbook Elevo ini saya buat dual-boot dengan Ubuntu 9.04 Jaunty, dari 160 GB harddisk, WindowsXP home ini mendapat lebih kurang 6 GB, sisanya digunakan oleh Ubuntu 9.04.

Aplikasi untuk menyalin partisi (clone) di dunia windows yang terkenal adalah Ghost. Masalahnya saya tidak punya aplikasi Ghost ini, sehingga jalan satu-satunya adalah mencari di repositori Ubuntu dan di internet, aplikasi disk-clone yang pas untuk pengguna rumahan.

Lumayan banyak pilihannya, tapi rata-rata kemampuannya hanya untuk tipe file system linux, bukan NTFS. Akhirnya pilihan jatuh ke partimage, yang tersedia di repository Ubuntu, dan walaupun experimental tapi sudah menyatakan mendukung NTFS.

Langkah pertama adalah membuat salinan partisi WindowsXP home ini. Cukup mudah, walaupun tampilan partimage berbasis teks/konsol/ncurses.

Langkah kedua adalah menyalin file hasil partisi ke PC tujuan / restore.

Langkah ketiga adalah restore berkas partisi dengan partimage. Setelah berkas partisi di restore, restore juga data boot-nya dengan partimage.

Langkah berikutnya adalah membuat partisi windows hasil restore ini bootable. Caranya, masuk ke Windows recovery console, biasanya sebarang CD installer windows (versi 2000 dan seterusnya) sudah mempunyai pilihan untuk recovery di installer-nya.

Jalankan fixboot di windows recovery console tersebut.
Pada tahap ini, restore sudah selesai. Harusnya windows terpasang sudah bisa dijalankan.

Langkah berikut terakhir di perlukan hanya jika PC menggunakan dual-boot, yang berarti harus memperbarui daftar di GRUB-nya.

Tidak ada komentar: