Sabtu, September 26, 2009

Mengganti Spul

Jumat pagi, 25 September, masih dalam suasana libur lebaran, lagi asik melaju di jalan raya, tiba-tiba si taraja seperti kehilangan tenaga dan mesin mati. Setelah di cek, busi tidak ada masalah, aki juga bagus karena baru diganti sekitar Juli/Agustus lalu. Didiamkan sekitar 5 menit, mesin kembali bisa di hidupkan, tapi begitu jalan sekitar 200 meter, mesin kembali mati tiba-tiba.

Pusing nih, kemungkinan ini bukan masalah biasa yang mungkin saya tangani sendiri, jadi saya putuskan membawanya ke bengkel.

Pengecekan montir ternyata listriknya sama sekali tidak masuk ke busi, sehingga langsung di cek ke spulnya, positif bermasalah.

Spul (spool?) orisinil astra untuk supra fit (4 kabel) harganya sekitar 300an ribu rupiah. Sayangnya ini masih libur lebaran, banyak bengkel yang tutup, dan yang buka pada gak ada stok. Ternyata bengkel sebelah malah ada stok, sayangnya yang cocok dan ada stoknya cuma produk non-orisinil, itupun harganya langsung dinaikkan dari 150 ribu di penawaran pertama jadi 175 ribu. Masih ditambah ongkos pemasangan sekitar 40 ribu, termasuk penggantian selang ke karbu yang sudah pecah karena tua.

Posisi odometer terakhir adalah 46879.