Selasa, Maret 09, 2010

Bookmark, RSS, Download: Berinternet Praktis Dengan Firefox

Sudah biasa pakai penjelajah web kan? Saat ini ada banyak penjelajah web (web browser) beredar, ada Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, sampai yang hanya jalan di Linux yaitu Konqueror.

Ada beberapa aktifitas yang sering dilakukan menggunakan penjelajah web, antara lain:
  • Membaca berita
  • Mengunduh (download) gambar, video, software, dan data lainnya.
  • Webmail
  • dll.

Bookmark

Semua aktifitas diatas tentu mengakses banyak sekali situs, yang beberapa diantaranya mungkin mau di ingat karena ada rencana melihatnya kembali. Inilah gunanya bookmark, seperti penanda buku, digunakan untuk menemukan lagi situs yang sebelumnya pernah di akses.

Bookmark di Firefox bisa diletakkan di menu bookmark, juga bisa di toolbar bookmark. Seperti gambar dibawah.





RSS

Ingin selalu mendapat berita terbaru, tetapi tak sempat membuka kalau harus membuka halaman utama media online atau situs blog beken?

Gambar berikut adalah logo RSS, berbentuk kotak dengan gambar gelombang dari arah pojok kiri bawah. Warna standarnya adalah kuning/jingga.


RSS solusinya. RSS adalah singkatan dari Really Simple Sindication, merupakan format web feed untuk mempublikasikan isi situs yang sangat terkini, seperti situs berita, dan juga blog dari blogger yang hiper aktif :-)



Dengan RSS dimungkinkan untuk mendapatkan judul berita/artikel isi situs saja, kemudian baru dilihat isinya jika tertarik. Seperti gambar dibawah, agregasi RSS dengan Firefox:


Download/Unduh

Pengunduhan merupakan aktifitas lazim di internet. Karena itu banyak sekali perangkat bantu untuk memudahkannya. Mozilla Firefox juga menyediakan banyak add-ons untuk memudahkan aktifitas pengunduhan ini. Beberapa yang terkenal diantaranya:
  • DownThemAll, merupakan download manager terintegrasi Firefox.
  • DonwloadHelper, memudahkan mengunduh berkas multimedia (audio/video) dari semua situs dengan mudah.

Lain-lain

Add-ons Mozilla Firefox lainnya yang saya direkomendasikan:
  • Download Statusbar, supaya tidak ribet dengan jendela download.
  • WebDeveloper (khusus untuk programmer).

Tidak ada komentar: