Sabtu, April 24, 2010

Membayar Pajak Tahunan Motor di Samsat

Masih satu bulan lebih berakhirnya STNK motor saya tahun ini. Tapi ada keperluan yang membuatnya lebih baik diperpanjang secepatnya. Jadilah pagi Sabtu ini datang ke kantor SAMSAT Jakarta Timur, di daerah Kebon Nanas.

Datang sekitar jam 7:40, mulai masuk loket 1 jam 8:15, Alhamdulillah selesai jam 8:45.

Kantor SAMSAT ini buka jam 08:00 pas. Ditandai dengan dibukanya tirai loket layanan dan ucapan salam dari petugas melalui pengeras suara. Antrian sudah dimulai dari jam 7:45, sudah sekitar 30 orang berada dalam antrian menuju loket 1. Keseluruhannya ada 5 loket:
  • Loket 1 untuk menyerahkan berkas dan mengambil nomor antrian. Berkas harus sudah dalam keadaan rapi terklip semua syaratnya (KTP asli, STNK dan PAJAK asli, copy BPKB, dan formulir pembayaran). Jika tidak rapi/berantakan, bakal ditolak petugas. Untuk urusan fotocopy, ada 3 outlet fotocopy dalam kantor SAMSAT, yang sudah cekatan mencopot bungkus plastik STNK yang lama dan menyiapkan semua berkas copy+asli dalam satu paket.
  • Loket 2 untuk mengambil kwitansi/resi pembayaran pajak, dipanggil satu persatu (oleh mesin) berdasarkan nomor antrian yang di dapat dari loket 1. Bisa jadi ada berkas yang dikembalikan jika bermasalah, tidak lengkap, atau ada kasus (telat, mutasi, dsb), diumumkan lewat mikropon oleh petugas.
  • Loket 3 dan 4 untuk pembayaran pajak. Usahakan uang pas sesuai tagihan, karena petugas tidak punya waktu untuk menyediakan kembalian.
  • Loket 5 untuk pengambilan STNK yang sudah jadi. Perlu menunggu sekitar 10-15 menit setelah pembayaran dilakukan sampai nama pemilik STNK dipanggil petugas. Cukup serahkan lembar biru kwitansi/resi pajak untuk ditukar dengan paket STNK, stiker Jasa Raharja, dan plastik pembungkus STNK.
Loket pelayanan pajak untuk kendaraan roda 2 sangat ramai, terbalik dengan loket pelayanan untuk kendaraan roda 4 yang sepi-sepi saja. Kebetulan saat perjalanan pulang saya melewati Bus pelayanan pajak kendaraan di depan LotteMart (eks Makro) Pasar Rebo, lumayan ramai juga, tapi tidak seramai di kantor SAMSAT, sehingga sesuai informasi dari beberapa orang, pelayanannya lebih cepat, jika semua syarat berkas sudah siap, 15 menit kurang sudah jadi.



Tidak ada komentar: