Kamis, Mei 27, 2010

Seputar Home Appliances

Seputar alat rumah tangga, yup, ada rumah baru yang tidak baru yang perlu dihuni. Perkiraan yang diperlukan dan mudah-mudahan mampu diadakan adalah:

  • Mesin Cuci.
Mesin cuci sekarang ini sudah banyak pilihan. Dari sisi penggunaan daya listrik, beda antara yang bukaan atas (top-loading) dengan yang bukaan depan (front loading) juga sudah tidak kentara. Dari sisi penggunaan air, jelas model bukaan depan lebih irit (katanya). Pilihan baru lagi adalah model inverter, daya listrik yang digunakan adalah arus searah (DC), sehingga pengaturan tingkat kecepatannya lebih fleksibel sesuai beban. Rekomendasi dari sodara, cuma merek LG, yang dipake di laundry-nya.
[Pemutakhiran]
Alhamdulillah dapat mesin cuci LG bukaan depan model inverter direct drive dengan putaran maksimal 800 rpm, seri WD-M8070TD kapasitas 7 Kg, ditukar Rp. 4,1 jt. Didapat dari sebuah toko elektronik yang pasang halaman di kaskus, lokasi daerah Ciputat, order by phone saja. Sangat hemat air dibanding mesin cuci bukaan atas/top loading, hanya butuh kira-kira satu ember air ukuran 30 liter untuk satu siklus wash-rinse-spin, hanya sekitar sepertiga/seperempat kebutuhan air mesin cuci bukaan atas.
  • Pendingin Ruangan (AC ~ air conditioning)
Pendingin ruangan ternyata cukup banyak modelnya, yang lagi musim sekarang adalah seri Low-Wattage (daya rendah) dan seri inverter (arus searah). Beberapa tulisan yang membahas ini adalah di facebook, dan housing-estate. Cerita pengalaman terbaru seperti disini. Kesimpulan sekilas, AC model inverter akan irit jika ruangan tidak banyak orang, suhu yang diinginkan tidak terlalu rendah (24-26 derajat celcius), diluar itu, akan lebih irit menggunakan AC seri Low-wattage. Dari sisi harga, seri inverter lebih mahal. AC model inverter memakan daya listrik besar disaat awal, namun memakan rendah begitu suhu diinginkan tercapai. Sedangkan AC model biasa akan mematikan outdoor unit jika suhu yang diinginkan tercapai.
[Pemutakhiran]
Akhirnya masih pake Sharp sayonara panas III, dipindah dari rumah sebelumnya. Ongkos mindahin lumayan juga. Untuk bongkarnya 30 rebu, untuk masangnya (orang yang berbeda) 250 rebu, dengan rincian pasang AC+ tambah freon 150 rebu, sisanya untuk pasang titik listrik sampai ke ACnya termasuk kabelnya. Penambahan freon tak terelakkan karena sewaktu pemasangan ada kemungkinan freon berkurang saat penyetelan. Untuk kamar ukuran luas 3x3 atau 3x4 pendingin ruangan ukuran setengah PK ini sudah memadai, dipasang suhu 24-26 (rata-rata 26 sih, sama kaya di kantor) derajat celcius sudah cukup nyaman dan sejuk untuk beristirahat, sejuknya merata karena swing-nya ke semua arah, vertikal dan horizontal.
  • Lemari Pendingin.
Biasanya kulkas dilihat dari kapasitas volume yang bisa ditampung. Bisa satu pintu atau lebih. Awalnya masih pengin merek Toshiba dua pintu seperti biasa di rumah mertua yang daya wattnya kecil, 70 watt (GR-H242PD) sudah bisa dua pintu. Tapi setelah melihat disain rak dalemannya di Carrefour Cikarang, dibandingkan dengan kulkas Sharp baru rilis model SJF201G dengan daya 90 watt, ternyata raknya Sharp ini lebih banyak walau volume ruangnya hampir sama. Jadilah Sharp yang jadi pilihan.

Kemungkinan perlu mengganti keramik di garasi dan teras juga. Ini bukan home appliances sih, buat nyatet referensi menarik saja, seperti di sini.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mesin cuci LG seri WD-M8070TD inverter direct drive ini ada tersedia di banyak toko elektronik, setidaknya di Jabotabek.