Senin, Maret 21, 2011

Otentikasi Di Ubuntu 10.10 Server

Hari ini saya menginstal Ubuntu 10.10 server di Virtual Box. Seperti biasanya, instalasi ini ringkas, tak lama pun selesai, muncul terminal ubuntu server 10.10.

Walaupun sudah agak terbiasa dengan command-line di ubuntu dan fedora, saya masih suka menggunakan aplikasi GUI jika ada. Karena itu saya pasang gdm (gnome-desktop-manager) dan xinit agar GUI dari ubuntu server ini bisa terpasang.

Akibat instalasi ini, Ubuntu server tidak masui terminal lagi, tapi nongkrong langsung ke mall.. eh ke GUI, tampilan login Ubuntu. Ok, tidak masalah, tinggal login seperti biasanya. Yang tidak biasa, aplikasi synaptic dan update-manager (ditambahkan dari terminal setelah gdm dan xinit dipasang) tidak bisa menerima password yang saya masukkan.... dibilang salah melulu. Oya, jangan lupa instal gnome-terminal, karena bawaan standar gdm sangat sedikit.

Tips dari forum ini, pasang paket desktop-base, dan benar saja, sekarang update-manager dan synaptic paham password saya.

Catatan tambahan, untuk Firebird 2.5, di repositori ubuntu masih versi release candidate, untuk versi akhir, ada keterangannya disini.

Tidak ada komentar: