Selasa, Maret 29, 2011

Pemasangan Kloset Duduk - DIY

Kloset duduk sudah menjadi standar peralatan toilet/kamar mandi saat ini di Indonesia ini. Makin banyak saja yang pakai kloset duduk ini, walaupun sering juga digunakan dengan cara kampungan, seakan masih memakai kloset jongkok.

Terlepas dari alasan kebutuhan yang berbeda-beda, saya hanya mau mencatat sedikit pengalaman memasang sendiri kloset duduk menggantikan kloset jongkok yang ada.

Pertama, menentukan posisi dan jarak lubang toilet dari dinding. Ini penting untuk memastikan kloset duduk yang dibeli pas ukurannya dengan lokasi yang disediakan. Jika posisinya menyediakan ruang yang cukup luas, maka akan banyak pilihan kloset yang bisa dipilih.

Kedua, dudukan/pondasi dasar untuk dudukan kloset. Pastikan sudah di lakukan pengerasan yang cukup, baik dengan semen, beton, maupun bahan lainnya. Sisakan sedikit ujung pipa paralon saluran toilet, kira-kira 5-10 cm cukuplah, untuk nantinya bisa di sesuaikan lagi. Ujung pipa paralon ini untuk memudahkan pemasangan seal penyambung antara kloset duduk dan pipa paralon di lantai. Dudukan/pondasi kloset duduk ini harus bisa dibor untuk pemasangan dudukan baut sesuai lubang baut dari kloset duduk yang digunakan.

Ketiga, kloset duduk. Kloset duduk keluaran akhir biasanya sudah punya pilihan 2 model pengguyuran, yaitu pengguyuran besar, dan pengguyuran kecil untuk menyiram dengan sedikit air. Merek dan bentuk sangat beragam, silahkan di sesuaikan dengan selera dan kemampuan.

Keempat, aksesoris pilihan. Beberapa model kloset duduk bisa ditambah berbagai aksesori untuk kemudahan dan kenyamanan.

Kelima, saluran air bersih langsung ke kloset duduk, sehingga pengisian tangki pengguyur bisa dilakukan otomatis. Saluran air bersih ini perlu direncanakan dan disiapkan agar selesai bersamaan dengan pemasangan kloset duduknya.

1 komentar:

ophao mengatakan...

trimakasih ya untuk caranya...
buka blog gue dong gan
www.ophao.blogspot.com