Senin, April 23, 2012

Dasar-dasar ITSM dengan ITIL 2011

ITSM adalah Information Technology Service Management. ITIL adalah singkatan dari IT Infrastructure Library. ISO/IEC 20000 adalah standar industri berdasarkan ITIL. ITIL sendiri dimiliki oleh Office of Government Commerce (OGC) Inggris.

Kenapa perlu ada manajemen layanan (service) di bidang IT?

Ada beberapa jawaban, diantaranya:

Pertama, IT yang tidak dikelola dengan baik seringkali berusaha menjadi pekerjaan superman, melakukan semua hal untuk semua orang. Ini tidak sehat, selain menyulitkan penilaian kinerja personal IT dan produktifitas perangkatnya, juga menyulitkan personal IT sendiri dalam menata dan memfokuskan pekerjaannya.

Kedua, manajemen IT yang buruk menimbulkan prasangka dari pihak eksekutif/top management tentang kondisi aktual fungsi dan aktifitas departemen IT. Prasangka ini sering berujung dengan kecurigaan terhadap anggaran, aktifitas, dan produktifitas aktual dari Departemen IT.

Ini adalah dua alasan utama perlunya manajemen layanan IT yang baik. Salah satu konsep yang menawarkan pendekatan untuk manajemen IT ini adalah ITIL/ITSM.

Pada dasarnya, IT di dalam lingkungan bisnis berada sebagai pendukung, sarana agar bisnis dapat berjalan. Sarana inilah yang dinamakan layanan IT (IT Service).
Jadi, yang sesungguhnya dibayar dari jasa IT adalah output layanan IT tersebut, bukan diukur dari aktifitas untuk menyediakan layanan IT tersebut.

Beranjak dari konsep ini, dapat disimpulkan IT ada untuk menyediakan layanan IT, bukan teknologi IT.

Karakteristik service meliputi hal-hal berikut:

  • Service menciptakan nilai.
  • Service meniadakan resiko kepemilikan di pengguna/customer.
  • Service memfasilitasi kebutuhan yang diinginkan customer .
  • Service mereduksi hambatan di sisi customer.
 Service management/manajemen layanan adalah suatu kemampuan organisasional khusus untuk menyediakan value kepada customer dari layanan tersebut.

Service Provider/Penyedia Layanan adalah organisasi yang menyediakan service kepada customer internal/eksternal.

5 komponen ITIL:
  • Service Strategy
  • Service Design
  • Service Transition
  • Service Operation
  • Continual Service Improvement.

PROSES, FUNGSI, dan ROLE


Proses adalah  sekelompok aktifitas terstruktur yang dirancang untuk menyelesaikan tujuan spesifik.

Fungsi didefinisikan sebagai unit organisasi yang dikhususkan untuk tipe-tipe perkerjaan tertentu dan bertanggungjawab akan output yang diinginkan.

Proses memiliki sifat Measurable, ada output yang jelas, dan bisa mengirimkan output ke customer dan merespon trigger.


1 komentar:

Air Ventilator mengatakan...

Air Ventilators are very efficient in eliminating humidity, heat and other pollutants. These products are widely brought into application in various industries and are acclaimed for their corrosion resistance, low maintenance, high efficiency and easy installation features.