Kamis, Oktober 18, 2012

Kapan Ganti MCB Instalasi Listrik?

Sejak beberapa bulan terakhir, ketika beban listrik di rumah mencapai beban tertinggi mendekati limit 1300 Watt karena penggunaan peralatan tertentu, Mini Circuit Breaker (MCB) di rumah sering jatuh (Off).

Instalasi standar di rumah, ada dua MCB dengan tugas kurang lebih sama. MCB pertama melekat di meteran listrik, MCB kedua ada di dalam rumah. MCB yang di meteran listrik adalah tanggungjawab PLN, sedangkan MCB di dalam rumah adalah tanggungjawab pengguna.

Rumah yang saya tempati sekarang berumur lebih kurang lima tahun ketika berpindah ke saya, dengan instalasi listrik masih standar. Ketika ada peluang mengubah ke meteran prabayar secara gratis, saya daftarkan agar meteran lama yang karatan bisa sekalian diganti. Sayangnya penggantian meteran ke prabayar tidak diikuti oleh penggantian MCB di meteran.

Bulan September 2012 lalu saya lapor ke PLN karena MCB di meteran terlalu sering drop, dan ada percikan api di terminal kabelnya. Dalam waktu kurang dari dua jam, petugas PLN sudah sampai ke rumah dan memeriksa MCB di meteran tersebut. Hasilnya, MCB harus diganti, dan dibuatkan surat berita acaranya.

Sayangnya stok MCB di PLN tidak kunjung ada. Setelah lebih dari 2 minggu dan menanyakan lagi ke PLN Cikarang sesuai pesan petugas sebelumnya, tetap belum ada kabar kapan penggantiannya.

Alhamdulillah setelah lebih dari satu bulan, tiba-tiba ada petugas kontraktor PLN yang membawa MCB baru dan memasangnya. Agar masalahnya tuntas, MCB di dalam rumah juga di cek. Ternyata sudah tidak layak juga menurut petugasnya, untuk itu harus diganti, dengan atas biaya pengguna, sekitar 30.000 rupiah. Jadilah MCB merek schneider electric dipasang sebagai pengganti MCB di dalam rumah, dan MCB merek ABB di meteran listrik.

Salah satu tips jika membeli rumah seken, jika perangkat instalasi listrik dirasa ada yang bermasalah atau mengkuatirkan, bisa langsung diganti, agar tidak sempat menjadi masalah.

1 komentar:

Celebes Teknik Nusantara mengatakan...

Izin share dan kunjungi juga produk ABB low voltage di http://www.celebesteknik.com/p/agen-penjualan-produk-abb-di-makassar.html