Kamis, Maret 21, 2013

Bekerja Nyaman Dengan Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah aplikasi lembarkerja / spreadsheet yang sudah populer selama ini. Microsoft Excel ini meruapakan aplikasi yang sangat lengkap dan banyak alat bantu, jika kita mengetahuinya. Jika tidak, maka tidak akan ada bedanya kita menggunakan Microsoft Excel dibanding aplikasi spreadsheet lain yang ada.

Apa saja yang bisa mempermudah pekerjaan input data di Microsoft Excel?

1. Mempermudah entri data

  • Pergerakan saat Data entri menggunakan Tab dan Enter.
  • Mengisi dari atas menggunakan CTRL+D.
  • Autocomplete menggunakan tombol Tab.
  • Menampilkan Drop-down -list menggunakan ALT+PanahBawah.
  • Memasukkan nilai ke banyak sel menggunakan CTRL+ENTER.

2. Excel bisa membaca.

  • Membuat Excel mengucapkan apa yang anda ketikkan.
3. Formulir Data Entri
  • Menampilkan form data entri. Setiap baris isian dari suatu tabel bisa dengan mudah dibuatkan form isiannya.
4. Membuat Judul kolom tetap terlihat.
  • Freeze Panes (ALT ➜ W ➜ F ➜ F)
  • Split Window (ALT ➜ W ➜ S)
  • Menggunakan Tabel Excel (CTRL + T untuk menambahkan tabel)
5. Data Validation.

  • Membuat sebuah kolom (di sheet yang sama, beda sheet, atau beda file) sebagai sumber data bagi kolom lainnya.

6. Conditional Formatting.

  • Membuat pewarnaan sel berdasarkan nilai sel itu sendiri atau sel lain di row yang sama.

7. Sumif dan countif.

8. Vlookup dan Hlookup.

9. Word Mail Merge menggunakan sumber data Excel.

Demikian rinciannya.