Sabtu, April 06, 2013

Ubuntu 12.04 dan Printer Deskjet

Bulan ini sepertinya keperluan untuk adanya alat cetak, pemindai, dan penyalin sudah perlu di akomodasi segera. Karena disekitar rumah jarang sekali ada yang menyediakan fasilitas rental komputer dengan cetak, baik cetak dokumen maupun foto. Begitu juga dengan keperluan pemindaian. Kalau fotokopi sih lumayan ada pilihannya.

Apa pertimbangan dalam mencari printer untuk keperluan ini?
Pertama, tentu saja harga. Anggarannya hanya yang dibawah sejuta rupiah saja, ini tentu bukan pasaran harga printer laser, hanya bisa untuk printer inkjet/deskjet.

Kedua, nilai tambah produk. Apa saja fitur yang ditawarkan dari printer dengan harga dibawah 1 juta rupiah? Ada ketinggian resolusi cetak, ada konektifitas, ada ukuran kertas yang bisa ditangani, ada kemampuan multifungsi bisa copy dan scan/pindai. Ada pula kemampuan untuk memperbesar atau memperkecil copy dokumen.

Ketiga, pertimbangannya adalah dukungan sistem operasi. Biasanya tentu saja bisa dipasang di komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows XP, Windows 7, atau Windows 8. Tapi saya utamanya menggunakan sistem operasi Linux, Ubuntu 12.04, jadi bisa dipasang di Ubuntu ini juga termasuk pertimbangan utama. Tentu saja, biasanya sulit untuk mendapatkan informasi soal kompatibilitas di linux ini, kecuali dari testimoni pengguna lainnya, dan dokumentasi di distro linux yang terkait.

Keempat, tingkat ketahanan produk. Ini perlu menggali informasi lebih dalam di internet soal testimoni pengguna. Apakah ada keluhan yang dicatat google? Apakah keluhannya mempengaruhi kebutuhan kita? Mekanisme testimoni ini penting, jadi jika anda punya pengalaman tentang suatu produk, tulislah di media online anda. Insya Allah akan membantu orang-orang lain di bagian lain dunia ini dalam memutuskan produk yang akan dibelinya.

Kali ini, setelah mempertimbangkan empat hal diatas, setelah membandingkan banyak pilihan, ternyata saya kecantol ke printer ini, printer multifungsi, sekaligus sebagai pemindai dan penyalin dokumen, HP Deskjet Ink K209g. Khusus untuk pertimbangan ketiga, selama ini beberapa merek printer memang dikenal sangat ramah dengan linux dengan merilis driver full feature untuk linux, beberapa lainnya parsial yaitu driver yang disediakan hanya mendukung sebagian fitur saja, dan lainnya malah tidak ada dukungan sama sekali.

Ternyata setelah digunakan, HP deskjet K209g ini luar biasa, begitu dicolokkan ke komputer, buka menu sistem printing di ubuntu 12.04, printer ini sudah otomatis terregister, dan bisa langsung test print. Begitu juga dengan fitur scan, dengan aplikasi simplescan, printer HP k209g ini bisa langsung digunakan untuk memindai dokumen.

Tidak ada komentar: