Minggu, Agustus 11, 2013

Bersih-Bersih harddisk dan Optimalisasi Ruangan

Maaf kalau judulnya kedengaran berat dan serius. Ini hanya masalah orang kehabisan ruang/space harddisk, karena kepenuhan. Sebelum memutuskan untuk beli baru, perkiraan harddisk 2 TB sekarang sekitar 1.3 juta, ada baiknya memaksimalkan harddisk yang ada sekarang ini, 500 GB, yang mungkin isinya perlu di analisa lagi, apakah ada yang bisa di buang.

Sesuai hukum pareto, beban yang 80% biasanya disebabkan oleh 20% masalah. Dan untuk harddisk, terduga yang 20% ini adalah berkas-berkas iso, installer aplikasi, berkas video, dan berkas-berkas gambar/foto.

Langkah awal adalah melihat lagi, apakah semua berkas-berkas raksasa tersebut masih layak di pertahankan, hasilnya adalah banyak berkas yang memang sudah saatnya dihapus, karena sudah usang, sudah lewat masanya alias basi, atau sudah ada pengganti baik yang versi lebih baru, atau pun model berbeda tapi dengan cakupan fungsi yang sama.

Langkah berikutnya adalah, dari hasil saringan pertama, mereduksi foto-foto ke ukuran yang masih nyaman dilihat, atau ke resolusi yang nyaman dilihat. Alatnya adalah Gimp plugins David's Batch Processor,



atau menggunakan terminal, pake mogrify, tools dari ImageMagick, sbb:

aden@komputerden:/mnt/Gudang/Album/201112-PantiAsuhan$ mogrify -resize 50% *

cukup mudah bukan.. :-)
Cara manual satu per satu, buka dengan gimp, lalu export to bla-bla-bla. Ubah kualitas jpg menjadi lebih rendah sampai hampir 50 persennya, ini cukup ampuh mengurangi besar foto tanpa mengurangi ukuran foto itu sendiri.

Tidak ada komentar: