Rabu, September 25, 2013

Khitan

Di bulan Syawwal 1434H / Agustus 2013 ini Alhamdulillah anak laki-laki saya di khitan. Khitan/Sirkumsisi/sunat ini dilakukan di umur 5 tahun. Lebih cepat daripada ayahnya dulu, tetapi memang teman-teman sepermainannya sudah banyak yang di khitan. Namun itu juga karena ada sedikit phimosis, dan memang waktu umur 1 tahun ada anjuran dokter untuk di khitan segera.

Khitan dilakukan di sebuah klinik khitan di Babakan Ngantay, Karawang. Daerah ini bisa diakses dari gerbang tol Karawang Timur terus ke arah Kosambi, tak jauh dari Pasar Kosambi.

Kenapa pilihannya disana?
Pertama, banyak tetangga yang mengkhitankan anaknya disana, jadi sepertinya sudah terbukti. Kedua, ceritanya anak-anak gampang prosesnya, entah mengapa, si anak dengan kalemnya ikut saja ke ruang praktek khitannya, tanpa menangis apalagi berguling guling di lantai, padahal umurnya masih balita, ataupun dibawah 7 tahun.

Proses khitannya standar saja, ada proses menyuntikkan anestesi ringan di ujung daging yang akan di khitan, kemudian di potong juga dengan pisau bedah. Biayanya sekitar 350 ribu rupiah.

Sepertinya kata kuncinya di proses awal menyuntikkan anestesinya. Bisa membuat bocah-bocah imut ini tidak menangis apalagi meronta sampai anestesi disuntikkan, ini sudah sangat mengurangi masalah. Selama operasi khitan pun si anak tidak perlu dipegangi, walaupun menangis juga. Memang setelah keluar dari ruang praktek, dan perjalanan pulang, si anak perlu ditenangkan lagi dan segera diminumkan obat peredam nyeri agar tidak serta merta kesakitan ketika anestesinya hilang.

Satu catatan lagi, dalm 24 jam pertama, usahakan anak sudah bisa buang air besar. Kadang bisa saja terjadi pembengkakan di area pangkal kelamin anak, namun jika buang air besarnya lancar, itu akan segera menyusut.

Disebelah klinik khitan ini ada toko yang menjual kebutuhan khitan. Misal, celana dalam "bercungkup" sehingga anak bisa beraktifitas hampir normal tanpa mengganggu proses penyembuhan luka khitannya. Juga ada seperti topi yang dipasang di pinggang, berguna untuk hari pertama sehabis di khitan bagi anak kecil.


Tidak ada komentar: