Kamis, September 12, 2013

Laptop Windows 8: Keyboard dan Touchpad Tiba-tiba Tidak Berfungsi

Laptop Lenovo saya, dengan Windows 8 bawaan, tiba-tiba tidak bisa digunakan keyboard dan touchpad-nya. Semua tombol keyboard tidak berfungsi, kecuali tombol kombinasi bawaan laptop untuk setel Volume dan brightness/kecerahan layar.

Lebih lanjut, hal ini ternyata tidak berpengaruh ke mouse usb external, dan keyboard usb external, yang tetap bisa digunakan dengan baik. Juga saat memasukkan password BIOS, keyboard tetap dapat berfungsi normal.

Kesimpulannya: Laptop secara hardware tidak ada masalah, tetapi Windows 8 sepertinya menon-aktifkan keyboard dan touchpad.

Apa langkah perbaikannya? Dari hasil menjelajah google, ada beberapa kemungkinan solusi:

  1. Reset system / system restore. Ini efeknya akan mengembalikan laptop ke kondisi seperti baru selesai instalasi Windows 8.
  2. Setting di Safe mode.

Tak ada ruginya saya coba dulu setting di safe mode. Tapi untuk masuk safe mode Windows 8, caranya tidak seperti Windows-windows sebelumnya yang bisa masuk lewat tombol kombinasi saat Windows boot.
Cara lengkapnya untuk masuk safe mode windows 8 ada disini.

Ada beberapa pilihan lagi yang akan muncul saat safe mode, tetapi fokus dulu ke troubleshoot, kemudian Advanced Options, kemudian Windows Startup settings.

Alhamdulillah, lenovo B480 saya kembali beroperasi normal.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya memakai cara ke dua yaitu safe mode. Itu setelah di safe mode sudah tdk diapain lagi?

Tri Aldiano mengatakan...

Kalau untuk windows 10 gimana maaalahnya jga sama