Kamis, November 14, 2013

Recovery Data di Linux EXT4

Entah karena sering mati secara abnormal, yaitu power cut dari saklar listriknya, ataupun memang karena harddisk 500 GB keatas rada sensitif terganggu, akhirnya hdd wd 500 GB saya sudah tidak bisa boot. Di kejadian pertama, masih saya coba untuk mengulangi proses boot sehingga akhirnya bisa kembali masuk ke Lubuntu. Di kejadian kedua ini, sudah langsung masuk ke prompt Grubrescue, tapi karena sudah berfirasat ini parah, langsung saya ganti saja harddisknya.

Pemasangan harddisk pengganti 2 TB Seagate Barracuda sudah selesai sekalian dengan instalasi Lubuntu 13.10. Kerjaan berikutnya adalah mengambil data dari hdd lama yang 500 GB. Secara fisik, hdd 500 GB ini masih terdeteksi BIOS, hanya saja selalu gagal di mount di Ubuntu. Perlu trik recovery data nih..

Pertama, pesan-pesan:

error: attempt to read or write outside of disk 'hd0'.
Entering rescue mode...
grub rescue ">"

grub rescue ">"ls
(hd0) (hd0,msdos5) (hd0, msdos1)

grub rescue ">" ls (hd0,msdos1)/boot
error: attempt to read or write outside of disk 'hd0'.

grub rescue ">" ls (hd0, msdos5)/boot
error: unknown filesystem


Kedua:
BIOS mendeteksi dengan baik harddisk WD 500 GB ini. Ketika di paralel dengan harddisk yang baru, ada partisi di harddisk ini yang tidak bisa dibaca. Hanya satu partisi yang terbaca, yaitu root, sedangkan partisi home dan mounted data tidak bisa di kenali oleh fdisk di ubuntu. Apakah karena kerusakan fisik?

Ketiga, hdd wd 500 GB ini sudah berumur 3 tahun kurang, dan mustinya tidak terlalu sibuk karena pc ini hanya menggunakan lubuntu padahal memorinya sudah 4 GB. Komputer ini memang hidup hampir 16 jam sehari.

Tidak ada komentar: