Minggu, Januari 12, 2014

Perpanjangan STNK 2014

Alhamdulillah, setelah setahun, tahun 2014 ini memperpanjang STNK menjadi urusan sendiri. Biasanya sudah ada yang mengurus dan sekaligus membayarkan pajaknya.

Sesuai KTP, saya mengurus perpanjangan STNK di kantor SAMSAT Kabupaten Bekasi. Lokasinya di jalan raya industri cikarang, antara pintu 7 jababeka dengan SGC, sentra grosir Cikarang. Sampai di lokasi sekitar jam 8:30 pagi di hari Sabtu, saya langsung ke bagian formulir layanan. Isi formulir sesuai keperluan yaitu perpanjangan STNK, fotocopy BPKB, STNK, dan KTP dalam satu lembar A4 dengan biaya 2000. Sarana fotocopy ini ada dalam komplek kantor samsat.

Disebelah kantor samsat kabupaten Bekasi ini ada beberapa tempat fotocopy juga, dan ada alfamart dengan sarana ATM bank mandiri. Area parkir kantor samsat ini terbatas, mudah-mudahan kedepannya bisa diperluas.

Setelah merapikan berkas, yaitu formulir pendaftaran, fotocopy, STNK dan Pajak dikeluarkan dari kantongnya, dan KTP, disatukan dengan stapler, dimasukkan ke bagian pendaftaran. Selang 10 menit, ada panggilan dari bagian pendaftaran untuk mendapatkan nomor antrian. Jam 08:56 tepatnya, nomor antrian sah didapat.

Berbekal nomor antrian, tinggal meenunggu panggilan dari outlet Bank Jabar untuk pembayaran pajak. Selagi menunggu, ruangan yang berpendingin ini juga dilengkapi lemari minuman dingin yang diisi air mineral gelas. Ada juga tempat bermain anak-anak, cukup untuk 2-3 anak.

Cukup lama penantiannya, sekitar jam 9:48 akhirnya ada panggilan dari petugas bank. Ok deh, siap-siap bayar pajak. Hmm... ada sedikit masalah dalam angka pajaknya.. diatas ekspektasi saya. Sepertinya musti balik ke ATM dulu untuk tambahan kas tunai. Setelah bayar pajak, dapat struk rincian pembayaran dari bank, tinggal dibawa ke loket samping gedung untuk ditukar dengan STNK dan pembayaran pajak tahunan. Penukaran dengan berkas STNK dan surat pembayaran pajak tahunan ini tak lama, sekitar 15-30 menit saja.

Totalnya ada sekitar 2 jam lama proses pembayaran pajak tahunan ini. Agak lambat sih, dibanding pengalaman saya membayar pajak tahunan motor di samsat Jakarta Timur di daerah DI Panjaitan, yang cuma sekitar 30 menit, di hari sabtu juga, tapi sudah di lokasi sebelum jam 08:00. Mudah-mudahan kedepannya bisa lebih baik lagi.

Ada satu hal yang tak terjawab, yaitu mengenai pajak progresif. Saya sudah tanya ke petugas pemblokiran pajak progresif, katanya nanti kalau pajak progresif perlu diblokir, akan dipanggil ke loketnya dia. Tapi tak ada panggilan untuk saya dari loket pemblokiran pajak progresif ini. Mudah-mudahan yang beli mobil saya sudah membaliknama mobilnya sehingga tak lagi atas nama saya.

Tidak ada komentar: