Minggu, Maret 02, 2014

Hemat Energi, Hemat BBM, Hemat Biaya

Sikap hemat seharusnya menjadi standar keseharian bangsa Indonesia yang mayoritas Muslim. Dalam al-Isra (17):

26. Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.
27. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.
28. Dan jika kamu berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang kamu harapkan, maka katakanlah kepada mereka ucapan yang pantas[851].

Sikap tertib, rapi, ringkas, juga akan berujung pada sikap hemat. Dengan selalu tertib, rapi, ringkas dalam aktifitas sehari-hari, maka banyak hal bisa dilakukan secara efisien. Jadi ujung-ujungnya hemat juga.
Contoh:
  • Meletakkan sesuatu kembali pada tempatnya setelah aktifitas; perkakas di tempatnya, sampah juga pada tempatnya masing-masing, sehingga tidak perlu aktifitas khusus dari orang yang khusus untuk beres-beres ini.
  • Energi listrik dibangkitkan dengan cara yang mahal. Maka setiap peralatan listrik yang tidak digunakan, pastikan tidak mengkonsumsi listrik.
  • Daripada menunggu di mobil berAC di parkiran dengan mesin hidup, sebaiknya matikan mesin, buka jendela, ataupun cari tempat yang teduh.
  • banyak lagi contoh sederhana yang bisa diterapkan...

Mulai dari hal hal kecil, jadikan kebiasaan, maka pada akhirnya akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa dengan 300 juta orang di negara ini.

Tidak ada komentar: