Minggu, Maret 09, 2014

Knowledge Management dalam Masyarakat

Knowledge Management (KM) menjadi suatu yang populer dewasa ini, seiring dengan makin berumurnya suatu institusi, dan makin besarnya jumlah orang-orang yang terlibat dalam suatu institusi.

Knowledge Management adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi atau perusahaan untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi. Kegiatan ini biasanya terkait dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat inovasi yang lebih tinggi.

Sebetulnya kalau diamati, KM bukanlah hal baru, namun memang benar baru dipopulerkan sebagai istilah. Prakteknya, KM sudah ada dari semenjak jaman dahulu kala. Berikut buktinya:

  • Seni tutur di banyak daerah, dalam bentuk pementasan cerita, monolog dengan diiringi alat musik tradisional, dan semisal dengannya.
  • Dongeng/hikayat/kisah turun temurun. Materi dongeng mempunyai kaitan dengan karakter dan jatidiri suatu daerah.
  • distribusi pengetahuan dalam kegiatan ritual keluarga dan adat. budaya gotong royong melibatkan seluruh komponen keluarga besar/masyarakat dalam menyelenggarakan suatu acara, memberi ruang untuk berkomunikasi dan saling memberi nasehat, juga berbagi ketrampilan antar generasi dalam kelompok keluarga ataupun masyarakat. Misalnya kemampuan memasak masakan khas suatu daerah akan terpelihara karena dalam kegiatan pesta adat terjadi pelibatan ahli masak senior dengan elemen komunitas yunior dan terjadi pembelajaran dan praktek langsung.


Memang seiring berubahnya kondisi struktur sosial masyarakat, dari masyarakat agraris menjadi masyarakat industri, dari kekerabatan silaturahim saling berkunjung menjadi diperantarai gadget komunikasi, semuanya menjadi berubah. Hal-hal ini memerlukan rekayasa media perantara baru agar proses KM bisa terlaksana dan berkelanjutan dalam masyarakat.

Tidak ada komentar: