Sabtu, Januari 17, 2015

Tentang Penyejuk Ruangan-AC

AC-Air Conditioner/penyejuk ruangan sudah menjadi kebutuhan saat ini, apalagi ketika pepohonan makin jarang dan makin pendek sehingga tak lagi membawa kesejukan yang signifikan bagi area sekitarnya, ini di Indonesia.

AC ini sebagaimana mesin buatan manusia biasanya, ada masalahnya juga. Ini yang saya temui adalah unit AC tidak bisa dihidupkan.

Pertama, ada kemungkinan sensor penerimaan remote control tertutup debu, ini sangat mungkin jika unit AC hanya dibersihkan di bagian filter indoor unit saja (dengan di copot dan dibersihkan). Letaknya di area seperti ditunjukkan gambar dibawah, tetapi harus dibuka dulu cover unit indoor ini.



Kedua, kapasitor dari AC ini, terletak di unit outdoor. Bisa dicabut dengan mudah dengan bantuan tang, tak ada urusan solder menyolder disini. Biasanya dijual di toko servis AC. Dimensi kapasitor ini lumayan besar, Jari anda bisa tak menutup jika menggenggamnya, kurang lebih berupa silinder pendek berdiameter 1.5 inchi.



Ukurannya di AC 1/2 PK sharp adalah 20 uF 400 VAC. Harganya berkisar 75 ribu sampai 100 ribu rupiah. Mungkin tergantung kurs USD juga.

Jadi jangan panik dulu kalau unit AC anda bermasalah.

Tidak ada komentar: