Rabu, Juni 28, 2017

Import Export Mail dari Web Hosting

Seringkali kita perlu memindahkan data surel (email) yang di simpan di server hosting ke server hosting lain, dikarenakan pemindahan hosting servernya.

Pemindahan server hosting ini sebetulnya bisa melalui fitur transfer host di WHM, asalkan ada privilege yang cukup untuk melakukan tindakan ini. Cara lain adalah dengan metode Backup dan Restore. Backup data website anda di hosting lama, kemudian di restore di server hosting baru.

Perlu diingat, restore data di server baru hanya bisa setelah websitenya ada di server baru tersebut, dan restore data website itu juga baru bisa setelah website di server lama sudah dihapus.

Untuk akun email, dengan cara manual yaitu dengan export isi tiap folder (inbox, sent items, etc). Hal ini lebih mudah dilakukan dari aplikasi webmail Horde. Di server baru di akun yang sama, tinggal import dari aplikasi webmail yang sama.

Repotnya, jumlah email yang bisa di zip dan di download sepertinya terbatas, jadi perlu bertahap jika email dalam kotak inbox cukup banyak.